Wayang Cukil yang Unik Karya Rochmat Basuki

Wayang Cukil karya Rochmat Basuki juga ikut memeriahkan pergelaran Festival Ahli Gambar (FAG) yang diselenggarakan di Galeri RJ Katamsi, Kampus ISI, Bantul, Yogyakarta.

Rochmat Basuki, mahasiswa Seni Murni ISI yang dikenal menggeluti wayang. Pada pameran kali ini dia menyertakan dua buah karya Wayang Cukil. Dia menyatakan sangat bangga bisa ikut pameran FAG #2 tersebut. Penyelenggaraan FAG mengangkat tema ‘Para Sungging’,

“Pameran ‘Para Sungging’ ini sangat luar biasa. Saya bangga bisa turut berpartisipasi dan memamerkan karya bersama para seniman, pengerajin, dan pelestari seni sungging wayang,” katanya.

Rochmat Basuki dengan karya wayang cukilnya

Di tengah perkembangan seni rupa di Indonesia yang begitu pesat, semoga dengan adanya pameran ini mampu memberikan wadah sekaligus ruang apresiasi untuk para perupa dan pengerajin khususnya dalam bidang seni wayang.

Ini terutama agar tetap bisa melestarikan seni tradisional namun juga tidak menutup kemungkinan untuk terus berkembang mengikuti kemajuan zaman dengan terus berinovasi.

“Harapan saya dengan adanya pameran ini adalah semoga dapat menjadi sarana edukasi untuk khalayak umum mengenai seni sungging wayang dengan keanekaragamannya, baik dari segi estetik maupun filosofinya,” tambahnya. (*)

Reply