Pameran dan Pertunjukan Wayang Kontemporer ‘LAKONE’

Dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional yang jatuh pada tanggal 7 November, Rumah Budaya Kahangnan bersama Nujes Tujes dan Formakers menyelenggarakan pameran dan pertunjukan wayang kontemporer.

Pameran dibuka oleh Romo Sagio, empu pengrajin wayang kulit gagrag Yogyakarta dan dihadiri para seniman dan budayawan. Pada acara itu juga ditampilkan Wayang Family, sebuah pertunjukan wayang alternatif kekinian.

Kegiatan yang berlangsung dari 7 hingga 12 November 2021 ini akan menyuguhkan berbagai acara dan kegiatan. “Kegiatan ini terbuka untuk umum ,” kata Hangno, pimpinan Rumah Budaya Kahangnan.

sepasar wayang

Sementara itu koordinator pameran, Sindu Cutter menyatakan bahwa LAKON dalam bahasa Jawa berarti cerita, jalan cerita. Sedangkan LAKONE bisa diartikan ceritanya, jalan ceritanya. Dalam beberapa sub masyarakat Jawa, LAKON ada juga yang mengartikan sebagai tokoh utama yang jadi pemenang dalam cerita tersebut.

“Jadi LAKONE bisa juga diartikan sebagai si tokoh utama,” ujarnya.

Sebuah kata yang sering diucapkan bilamana ada informasi tentang adanya pertunjukan wayang suatu tempat adalah “Lakone apa?”

LAKONE atau CERITANYA yang menjadi tema pameran senirupa dalam merayakan hari Wayang sedunia ini adalah cerita yang bersifat subyektif. Pemeran utamanya adalah perupa itu sendiri atau orang lain yang dinarasikan ulang oleh perupa dengan berkonsep dari seni tradisi Wayang. Bisa dalam bentuk visual, narasi, visi, maupun sebatas kenangan akan sebuah seni tradisi Wayang itu sendiri.

Sedangkan dari ekspresi visual para perupa yang terlibat dalam pameran kali ini, semoga karya-karyanya bisa menjadi penyentil untuk para perupa maupun untuk audien agar tetap peduli untuk menjaga dan terus menghidupkan seni tradisi wayang yang sudah diakui dunia.

  • Wayang Omah
  • sepasar wayang

“Ini penting agar tradisi ini tidak hilang ditelan jaman justru dalam masyarakat yang telah melahirkan dan memiliki budaya seni tradisi wayang itu sendiri,: katanya.

Selain pameran, kegiatan yang diselenggarakan di Rumah Budaya Kahangnan di Krebet, Bantul, DI Yogyakarta itu juga ada dimeriahkan dengan beberapa kegiatan lainnya. Kegiatan itu meliputi:

1.Wayang Kotak
Dalang : Ki Hangno Hadiprana
Waktu : Senin, 8 November 2021 Pukul 16.00

2.Wayang Sontoloyo
Dalang: Ki Ardian Kresna
Waktu : Selasa, 9 November 2021 Pukul 16.00 WIB

Reply