101 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan tubuh sudah terkenal sejak jaman dulu. Selain untuk penggunaan luar, minyak zaitun juga bisa menjadi salah satu bumbu penyedap masakan dan bahan herbal yang aman kita minum. Tak sedikit produk kosmetik yang juga menggunakan bahan herbal alami ini.

Minyak zaitun populer juga dengan sebutan minyak olive atau olive oil. Mengutip dari Wkipedia, minyak ini merupakan hasil ekstraksi dari buah zaitun (Olea europaea).

Pohon zaitun sendiri banyak tumbuh pada kawasan Mediterania. Pohon ini tingginya bisa mencapai 50 meter dan hidup hingga ratusan tahun. Nama tanaman ini juga banyak tesebut dalam kitab suci karena banyaknya manfaat yang luar biasa.

Buah zaitunnya sendiri berbentuk agak bulat gemuk seperti buah duku. Saat masih mentah buahnya berwarna hijau. Namun saat mennjadi matang akan berubah kekuningan hingga keunguan.

Beragam Manfaat Minyak Zaitun

Saat ini minyak zaitun telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan industri maupun pengobatan. Baik untuk memasak, obat herbal, bahan kosmetik, hingga untuk pembuatan sabun mandi.

manfaat minyak zaitun untuk rambut

Manfaat minyak zaitun karena kandungannya yang sangat baik untuk tubuh. Baik untuk menjaga kesehatan maupun perawatan kecantikan kulit. Minyal herbal ini mengandung asam oleik dan polifenol dan lemak tak jenuh yang tinggi yang baik untuk tubuh.

Kandungan Minyak Zaitun

Lantas apa saja kandungan minyak zaitun sehingga mampu memberikan beragam manfaatkan untuk kesehatan tubuh? Kandungan yang terdapat dalam setiap 100 gram minyak zaitun meliputi.

  • Energi sebanyak 3701 kJ (885 kcal)
  • Vitamin E sebesar 14 mg (93% dari asupan harian yang dianjurkan untuk orang dewasa).
  • Vitamin K sebanyak 62 mg (59% dari asupan harian yang dianjurkan untuk orang dewasa),
  • Lemak sebanyak 100 gram, yang terdiri dari:
  • Jenuh sebesar 14 gram.
  • Lemak tak jenuh tunggal sebesar 73 gram.
  • Lemak tak jenuh ganda sebesar 11 gram.
  • Omega-3 lemak sebesar kurang dari 1,5 gram.
  • Omega-6 leak sebanyak 3,5 – 21 gram.

Berbeda dengan jenis minyak hasil ekstraksi biji-bijian atau kacang-kacangan, minyak zaitun sangat kaya dengan kandungan antioksidan, vitamin buah, hingga phytosterol. Namun minyak zaitun tidak mengandung karbohidrat ataupun protein.

manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

Rendahnya kandungan lemak jenuh membuat minyak zaitun termasuk jenis minyak herbal yang paling sehat.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Selain mengandung banyak nutrisi dan vitamin, minyak zaitun juga kaya dengan beragam fitokimia yang sangat penting untuk tubuh. Berikut ini beragam manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Sebagai Anti Inflamasi

Minyak zaitun kaya dengan beragam antikosidan jenis polifenol. Senyawa ini bersifat anti inflamasi dan sangat berguna untuk melindungi dan mencegah sel-sel dalam tubuh dari kerusakan.

Senyawa ini, menurut sejumlah penelitian, juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan pencernaan. Bahkan ada riset yang juga menemukn adanya efek yang baik minyak zaitun dalam meningkatkan fungsi otak dan memori.

Mengandung Kolesterol Baik

Minyak zaitun juga aman kita konsumsi. Selain dapat menyedapkan masakan, olive oil ini juga berguna dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Hal ini karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh. Namun penggunaan minyak herbal ini untuk konsumsi sebaiknya jangan berlebihan.

Mengendalikan Tekanan Darah

Selain mampu menurunkan kolesterol, manfaat minyak zaitun juga baik untuk mengontrol dan mengendalikan tekanan darah. Sejumlah riset menemukan bahwa menambahkan minyak zaitun dalam diet sehat penderita tekanan darah rendah atau tinggi mampu mengurangi penggunaan obat kimia. Namun anda perlu konsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Mencegah Penyakit Stroke

Kandungan nutrisi dan senyawa dalam minyak zaitun juga berguna untuk mencegah penyakit stroke. Meskipun ada riset yang mampu membuktikan keampuhan herbal ini namun penelitian lebih lanjut penting untuk membuktikannya.

Menangkal Kanker

Sifat antioksidan dalam minyak zaitun sangat efektf untuk melindungi tubuh dari serangan kanker. Penelitian juga menemukan konsumsi minyak zaitun efektif untuk mencegah risiko terkena kanker kolorektal dan kanker payudara. Namun konsumsinya sebaiknya jangan berlebihan.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit

Kandungannya yang sangat kaya membuat herbal ini banyak kegunaannya. Seperti vitamin E yang merupakan jenis antioksidan lipid yang kuat. Vitamin ini berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan ini juga penting dalam menjaga kekuatan membran sel mukosa dan kulit.

Karena itulah minyak ini sangat baik untuk perawatan kulit. Berikut ini berbagai manfaat minyak zaitun untuk kulit yang bisa anda ambil.

Membuat Kulit Lembab Alami

Udara panas dan matahari terik pada iklim kita sering membuat kita sering mengalami kulit kering. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan minyak zaitun yang mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Vitamin E yang terdapat dalam herbal ini berguna untuk menyuplai kebutuhan minyak alami bagi kuit tubuh.

manfaat minyak zaitun untuk kulit

Untuk menggunakan dan mengoptimalkan manfaat minyak zaitun untuk kulit anda bisa lakukan dengan mengoleskannya pada kulit tangan, kaki, dan muka. Namun sebelumnya cuci bersih terlebih dahulu kulit anda sebelum menggunakan zaitun. Lakukan ini sebelum tidur secara tipis saja.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Banyak kalangan industri yang juga menggunakan bahan dari minyak herbal ini untuk pembuatan berbagai produk kecantikan. Nah, berikut ini beragam manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sebaiknya anda tahu.

Menangkal Penuaan Dini

Keutamaan minyak zaiun juga dari kandungan zat linoleic acid. Kandungan ini sangat berguna untuk membantu menjaga kadar air yang terdapat pada lapisan kulit wajah. Sehingga ini akan mencegah timbulnya garis keriput sebagai tanda penuaan dini.

Meredakan dan Mengatasi Jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk wajah juga dalam mengatasi jerawat yang membandel. Anda bisa mencobanya dengan cara yang sangat mudah. Untuk cara menghilangkan jerawat secara alami adalah memanaskan sebentar minyak zaitun lalu dengan menggunakan kapas bisa anda oleskan pada wajah yang ada noda jerawatnya.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut

Sedangkan tentang manfaat minyak zaitun untuk rambut juga tak kalah baiknya. Anda bisa menggunakan herbal ini untuk perawatan rambut yang indah alami berikut ini.

Melebatkan dan Menyuburkan Rambut

Minyak zaitun ternyata juga berkhasiat dalam membantu mengatasi probnlem rambut rontok. Kandungannya yang kaya dengan fitokimia penting juga bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Sehingga rambut akan lebih lebat dan subur secara alami.

Namun agar hasilnya lebih optimal, anda bisa mencampurkan minyak zaitun dengan alpukat untuk kita jadikan sebagai masker rambut. Gunakan secara rutin agar rambut kembali lebat dan subur.

Perawatan Rambut Indah Alami

Tak sedikit kasus kerusakan rambut yang terjadi pada kita, khususnya kaum wanita. Apalagi rambut merupakan mahkota kecntikan yang tentunya membutuhkan perawatan yang baik dan efektif.

Kerusakan rambut bisa terjadi karena berbagai faktor. Baik karena melakukan pelurusan, pengeritingan, rebounding dengan bahan kimia, hingga penggunaan shampo yang tidak cocok. Untuk mengatasi kerusakan rambut anda bisa menggunakan dan mengambil manfaat minyak zaitun untuk rambut.

Berikut ini cara perawatan rambut dengan minyak zaitun yang bisa anda coba.

  • Tuangkan sedikit minyak zaitun pada piring kecil untuk memudahkan proses perawatan rambut.
  • Setelah itu oleskan minyak zaitun dengan menggunakan tangan pada permukaan kulit kepala.
  • Sambil mengoleskan, lakukan pijatan ringan pada kulit kepala. Ini berguna agar nutrisi minyak zaitun bisa meresap optimal dan terserap akar rambut.
  • Selanjutnya biarkan sekitar 10 menit agar proses penyerapan kandungan zaitun lebih optimal lagi. Anda bisa menggunakan handuk untuk menutup kepala.
  • Setelah itu anda tinggal membilasnya dengan air hingga bersih.

Efek Samping Minyak Zaitun

Selain begitu banyak manfaat minyak zaitun untuk kesehatan namun ternyata juga ada efek sampingnya yang sebaiknya anda tahu. Efek negatif ini terutama jika minyak zaitun kita konsumsi secara berlebihan.

Takaran aman konsumsi minyak zaitun adalah tidak lebih dari 28 gram atau 2 sendok makan setiap hari. Jumlah ini mampu memberikan sekitar 14 persen  dari total kebutuhan kalori harian tubuh.

Selain itu wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya membatasi penggunaan minyak zaitun. Meskipun belum ada bukti ilmiah tentang larangan ini namun konsumsinya untuk bumil dan menyusui sebaiknya sedikit saja.

Demikianlah informasi tentang berbagai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan. Penggunaan terbaik herbal ini adalah untuk non konsumsi. Namun untuk hasil yang optimal gunakan minyak zaitun sedikit dan dalam batas wajar saja serta tidak berlebihan.

manfaat minyak zaitun

Nah, jika anda membutuhkan minyak zaitun yang sudah siap pakai, saat ini tersedia Minyak Gozok Tjap Kidang Mas. Produk ini dibuat 100 persen dari bahan alami, seperti minyak zaitun, minyak sere, minyak cengkeh, minyak lawang, gondopuro, dan minyak gaharu. Untuk mendapatkan produk warisan Mataram Kuno ini silahkan hubungi melalui telp atau WA pada website ini.

Reply