Manfaat Minyak Sereh Untuk Imunitas dan Kesehatan Tubuh

Manfaat minyak sereh untuk kesehatan tubuh ternyata sangat besar. Herbal ini tidak hanya dapat sebagai sumber bahan wewangian, melainkan juga dapat memberikan khasiat untuk meredakan dan mengatasi berbagai gangguan penyakit.

Minyak sereh merupakan jenis minyak esensial yang kita peroleh dari hasil proses daun dan batang dari tanaman sereh. Tanaman ini sudah popular sebagai bahan pengobatan tradisional karena kandungan senyawa aktifnya.

Beragam Manfaat Minyak Sereh Untuk Kesehatan

Minyak sereh terbuat dari batang dan tanaman sereh yang berkhasiat bagi kesehatan. Anda bisa mendapatkan minyak sereh yang terbuat dari ekstrak tanaman sereh ini dengan membuatnya sendiri atau membeli di toko obat atau marketplace.

manfaat minyak sereh

Lantas apa saja manfaat minyak sereh untuk kesehatan? Di sini kami akan bagikan informasinya untuk Anda tentang khasiat herbal ini.

Membantu Meredakan Mual dan Sakit Perut

Selama bertahun-tahun lamanya sereh banyak gunanya sebagai obat tradisional untuk sejumlah masalah pencernaan. Mulai dari sakit perut sampai dengan tukak lambung. Bahan ini juga menjadi salah satu bahan umum yang sering kita gunakan untuk teh herbal dan suplemen pereda mual.

Baca juga Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Tidak hanya yang kita olah menjadi minyak saja yang bisa kita gunakan untuk meredakan mual dan sakit perut. Sereh yang sudah kita keringkan juga dapat kita jadikan bahan membuat ramuan pereda mual dan sakit perut.

Membantu Mencegah Masalah Peradangan

Manfaat minyak sereh juga karena terdapat kandungan citral dan senyawa anti inflamasi. Dengan kandungan tersebut, sereh dapat membantu mengatasi masalah peradangan. Radang pada kulit bisa kita atasi dengan mengoleskan minyak sereh pada area kulit yang mengalami peradangan.

Sementara untuk kondisi peradangan yang berkaitan dengan radang pada sendi atau kanker. Bahkan penyakit kardiovaskuler dapat kita atasi dengan mengonsumsi ramuan sereh dengan gula aren atau madu.

Membantu Mengatasi Nyeri Sendi

Kandungan citral dalam minyak sereh sebagaimana yang kita tahu sangat efektif dalam mengurangi peradangan. Termasuk peradangan yang mengakibatkan terjadinya nyeri sendi. Untuk Anda yang mengalami nyeri sendi, Anda bisa memijat area yang sakit dengan menggunakan minyak sereh.

manfaat minyak sereh untuk kesehatan

Dengan memijat area yang mengalami radang sendi dengan minyak sereh, rasa nyeri akan berkurang. Bahkan sembuh sampai 50% jika kita lakukan rutin selama 30 hari. Hal ini karena pemijatan dengan minyak sereh dapat melancarkan aliran darah di area yang mengalami radang sendi tersebut.

Zat Anti Jamur dan Anti Bakteri

Manfaat minyak sereh juga karena adanya kandungan minyak atsiri. Minyak atsiri dalam sereh tersebut sangat bermanfaat sebagai obat alami untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Juga membantu mencegah terjadinya infeksi bakteri serta jamur.

Lihat juga Manfaat Minyak Eucalyptus untuk Kesehatan dan Imunitas Tubuh

Kandungan minyak atsiri dalam sereh dan minyak sereh juga sangat efektif dalam melawan berbagai jenis bakteri. Khususnya yang resistan terhadap obat seperti halnya infeksi usus, infeksi darah, infeksi kulit dan pneumonia.

Kandungan minyak atsiri di dalam sereh juga dapat membantu mengatasi masalah infeksi mulut karena bakteri. Sereh juga dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur seperti kurap atau pun kutu air.

Mencegah dan Mengatasi Varises

Selain dapat mengatasi nyeri sendi, minyak esensial sereh yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sangat bermanfaat juga dalam mengurangi terjadinya edema atau pembengkakan pada bagian tubuh yang mengalami varises.

Bahkan varises dapat kita cegah dengan pemijatan menggunakan minyak sereh secara rutin. Anda bisa mengatasi masalah varises dengan minyak sereh. Caranya Anda dapat mengompres kaki yang mengalami varises dengan air hangat yang sudah tercampur minyak sereh. Lakukan secara rutin minimal 5 – 10 menit setiap hari.

manfaat minyak sereh

Itulah berbagai manfaat minyak sereh untuk kesehatan.  Minyak sereh juga merupakan bahan penting dalam pembuatan MINYAK GOSOK Tjap Kidang Mas. Produk buatan Mandala Yantra Indonesia ini terbuat 100 persen dari bahan alami tanpa campuaran bahan kimia sedikitpun. Anda bisa membeli dan mendapatkan MINYAK GOSOK Tjap Kidang Mas melalui link tersebut.

Reply