Manfaat Minyak Eucalyptus untuk Kesehatan dan Imunitas Tubuh

Ada banyak sekali manfaat minyak eucalyptus untuk kesehatan yang bisa kita temukan. Salah satunya potensi sebagai herbal yang berkhasiat dalam melindungi tubuh dari serangan virus Corona yang bisa menyebabkan Covid-19.

Minyak eucalyptus merupakan minyak esensial yang terbuat dari spesies pohon eukaliptus. Tanaman ini banyak tumbuh di Australia dan beberapa spesiesnya juga bisa kita temukan di Papua Nugini.

Kandungan minyak yang diperoleh dari daun tanaman Eucalyptus Citriodora cukup beragam. Antara lain alpha pinene, sineol, limone, cyclooctadiene, metanol, terpinyl asetat, phenol, sitronelol, propiltetradekanoat, propil myristat, dan berbagai jenis minyak atsiri.

Baru-baru ini sejumlah pakar mengungkapkan kemungkinan dan potensi minyak herbal ini dalam menangkal virus Covid-19. Hal ini karena kandungan senyawa aktif yang terdapat dalam herbal ini yang memang sangat berkhasiat.

manfaat minyak eucalyptus untuk kesehatan
Tanaman Eucalyptus

Selain sangat berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, minyak eucalyptus juga ampuh dalam menangkal sejumlah gangguan dan serangan factor penyebab penyakit. Kandungan senyawa aktifnya memang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Minyak Eucalyptus Untuk Kesehatan

Minyak Eucalyptus sangat penting sebagai bahan untuk membuat produk aromaterapi dan produk perawatan tubuh saja. Namun keunggulan minyak eucalyptus lainnya juga sangat besar bagi kesehatan. Nah, berikut ini berbagai manfaat minyak eucalyptus untuk imunitas dan kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Menghambat Aktivitas Enzim dalam Virus Covid-19

Benarkah? Minyak eucalyptus merupakan minyak yang terdapat kandungan senyawa aktif bernama eucalyptol. Kabarnya unsur ini merupakan senyawa yang sama dengan jenis yang bisa menghambat aktivitas enzim dalam virus Covid-19 atau virus corona yang dikenal dengan nama enzim Mpro.

Dengan terhambatnya enzim Mpro maka pertumbuhan virus corona juga bisa terhambat. Teori ini memang tampak sangat meyakinkan. Namun hal ini masih membutuhkan penelitian skala lanjutan untuk memastikan kebenaran dari teori bahwa minyak eucalyptus ini bisa menghambat pertumbuhan enzim Mpro dalam virus Corona.

Meredakan Asma

Manfaat minyak eucalyptus karena terdapat kandungan yang dapat memecah lendir pada orang yang menderita penyakit asma atau sesak nafas. Beberapa orang dengan kondisi asma yang cukup parah bahkan dapat menurun dosis steroidasinya jika menggunakan minyak eucalyptus dalam terapinya.

Akan tetapi sebaiknya Anda tidak membuat ramuan minyak eucalyptus sendiri untuk diminum. Utamanya dalam mengatasi asma kecuali Anda menggunakan minyak eucalyptusnya untuk dihirup saja.

Asal Anda tahu, manfaat minyak eucalyptol jika kita hirup juga setara dan dapat menjadi alternatif pemecah lendir pada orang yang mengalami asma. Anda juga dapat mencari obat pereda asma yang mengandung zat eucalyptol atau minyak eucalyptus  dalam produk tersebut.

Meredakan Pilek, Flu Dan Batuk

Banyak obat pereda flu, pilek dan batuk yang mengandung eucalyptus. Manfaat minyak eucalyptus seperti telah terungkap sebelumnya karena memiliki kandungan eucalyptol yang sangat ampuh dalam memecahkan lendir.

Oleh sebab itu bagi Anda yang mengalami batuk, minyak eucalyptus juga dapat berfungsi sebagai ekspektoran yang dapat mengencerkan lendir sehingga batuk pun teratasi.

Namun meski demikian, Anda harus menghindari minyak eucalyptus yang Anda konsumsi secara langsung karena justru dapat menjadi racun dalam tubuh. Baiknya jika mengalami batuk, konsumsi obat yang mengandung eucalyptus.

Sementara untuk mengatasi pilek, Anda bisa mengencerkan lendir pada pilek dengan menghirup minyak kayu putih melalui hidung atau dengan mengoleskan pada bagian leher dan dada.

Mencegah Gigitan Serangga

Eucalyptus di Afrika menjadi obat tradisional untuk mencegah penyakit malaria. Mirip dengan sereh atau serai, manfaat minyak eucalyptus karena memiliki aroma yang sangat kuat. Sehingga herbal ini dapat mengganggu indera penciuman nyamuk dan mempersulit mereka mengenali sumber makanan yang mereka inginkan.

Selain dapat mencegah gigitan nyamuk, minyak eucalyptus juga menjadi salah satu herbal yang dipercaya dapat mengusir berbagai macam serangga lain seperti kutu, hama, lalat dan kecoa.

Dengan semua manfaat tersebut, banyak obat untuk mengatasi gigitan serangga yang juga mengandung minyak eucalyptus. Bagi Anda yang mengalami salah satu dari beberapa masalah kesehatan, Anda bisa memanfaatkan ekstrak eucalyptus untuk mengatasinya.

Itulah berbagai khasiat minyak eucalyptus yang sangat penting untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh. Dengan tubuh yang kuat akan lebih mudah dalam menangkal berbagai penyakit, termasuk penularan virus Corona yang menyebabkan Covid-19.

Salah satu produk yang memanfaatkan kandungan minyak ini adalah INHALER EUCALYPTUS Tjap Kidang Mas. Produk herbal buatan Mandala Yanta Indonesia ini terbuat dari 100 % bahan alami yang berguna untuk meningkatkan energy, imunitas, dan keseimbangan tubuh.

manfaat minyak eucalyptus untuk kesehatan

Dengan berbagai manfaat minyak eucalyptus untuk imunitas dan kesehatan sangat penting untuk selalu menyediakan herbal ini dalam rumah. Untuk informasi lebih detail silahkan klik link Inhaler Eucalyptus Tjap Kidang Mas. Untuk mendapatkan INHALER EUCALYPTUS Tjap Kidang Mas Anda bisa mengubungi lngsung produsennya melalui nomor telpon atau WA pada website ini.

Reply