Manfaat Disinfektan dan Cara Menggunakannya yang Wajib Anda Tahu

Manfaat disinfektan secara umum sangat penting terutama untuk mencegah serangan virus Corona yang sedang mewabah. Antiseptik ini berperan sangat penting terutama untuk menangkal penyebaran virus yang membahayakan tersebut.

Kegunaan desinfektan memang hampir sama dengan sanitizer, yaitu untuk membunuh bakteri dan virus. Perbedaannya terutama terdapat dari segi pemakaian.

Begitu juga bahan dasar bahan ini juga berlainan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Namun kandungannya juga hampir sama dengan sanitizer dengan kadar alkohol lebih dari 70%. Karena itulah produk antiseptic semacam ini juga berperan sangat penting untuk mencegah Covid-19 pada saat pandemi seperti sekarang.

Manfaat disinfektan

Ada banyak produk disinfektan dengan berbagai merek yang bisa anda temukan saat ini. Bahkan sejumlah perusahaan besar dalam bidang klinis pun berlomba-lomba untuk membuaut dan menyempurnakan produk mereka.

Manfaat Disinfektan Secara Umum

Jika fungsi utama hand sanitizer untuk membersihkan tangan sebagai pengganti sabun, berbeda dengan desinfektan. Antiseptik ini fungsi utamanya untuk membersihkan barang dan perabotan yang ada dalam rumah. Utamanya untuk benda-benda yang sering kita sentuh.

Nah, berikut ini berbagai manfaat disinfektan secara umum yang sebaiknya Anda tahu. Sehingga anda bisa mengoptimalkan penggunaannya sesuai kebutuhan.

Mencuci Baju

Bukan hanya detergen yang biasa kita lakukan seperti dahulu, menambahkan desinfektan kedalam cucian merupakan hal yang sangat penting saat kondisi pandemi covid saat ini. Tujuannya untuk membunuh kuman yang tidak bisa dengan detergen.

Untuk Mandi

Manfaat disinfektan juga baik untuk menjaga keberhasilan air bak mandi. Mencampurkan cairan desinfektan dapat membantu mengurangi risiko penyebaran virus dan bakteri. Gunakan secukupnya pada bak mandi, aduk merata dan tunggu beberapa saat hingga siap untuk kita gunakan.

Anda bisa menggunakannya secara rutin. Namun jika ada infeksi kulit atau alergi, sebaiknya berhenti menggunakannya.

Mengepel Lantai

Setiap hari, aktivitas kita dalam rumah tidak akan lepas dari yang namanya lantai. Bahkan sebagian besar waktu anak-anak akan mereka habiskan dengan menggunakan lantai sebagai media bermain.

Untuk itu sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan lantai dari virus dan kuman. Terlebih saat sedang pandemic Covid-19 sekarang ini. Untungnya, desinfektan dapat anda manfaatkan untuk hal tersebut.

Membersihkan Perabot

Manfaat disinfektan berikutnya adalah yang umum kita lakukan dan juga dianjurkan oleh para ahli klinis, yaitu untuk membersihkan perabot rumah tangga. Khususnya yang sering kita gunakan dan terjadi kontak dengan tubuh. Seperti gagang pintu, kursi, lemari dan lainnya.

Selain itu Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan mainan anak setelah dan sebelum mereka gunakan.

Mencegah Infeksi

Ada berbagai jenis desinfektan yang aman jika tersentuh dengan anggota tubuh. Anda perlu memastikan produk disinfektan yang anda beli juga aman untuk kulit tubuh. Seperti pada beberapa produk yang banyak di pasaran.

Anda dapat menggunakan produk desinfektan tersebut untuk membersihkan luka akibat jatuh dan lecet. Bahan aktif dalam larutan kimia ini dengan cepat dapat membunuh dan mencegah kuman berkembang.

Cara Menggunakan Disinfektan dengan Baik dan Benar

Banyak yang sudah tahu manfaat disinfektan secara umum, namun hanya sebagian saja yang tahu bagaimana menggunakannya. Walaupun ada beberapa produk yang aman untuk tubuh, namun ada baiknya kita mengantisipasi sebelum hal buruk terjadi.

Disinfektan adalah larutan kimia yang harus kita gunakan dengan hati-hati. Nah, berikut ini beberapa cara menggunakan disinfektan dengan baik dan benar yang sebaiknya anda tahu dan perhatikan dengan baik.

Memakai Pelindung

Beberapa cairan desinfektan tidak boleh terkontaminasi dengan kulit, hal itu dapat menyebabkan iritasi dan juga keracunan ringan seperti pusing dan mual. Memakai safety atau alat pelindung diri ketika menggunakannya untuk bersih-bersih adalah langkah yang tepat. Gunakan sarung tangan, masker dan baju lengan panjang jika perlu.

Campur Dengan Air

Produk desinfektan yang menggunakan botol besar dapat kita campur dengan air. Setelah itu aduk secara merata sebelum kita gunakan. Untuk yang jenis spray, bisa langsung kita gunakan tanpa campuran air.

Cuci Tangan

Meskipun manfaat disinfektan baik untuk menangkal virus namun ada beberapa produk yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Untuk itu alangkah lebih baik jika segera mencuci tangan dengan sabun ketika selesai menggunakan cairan desinfektan.

Selain anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli di toko dan apotek, anda juga bisa menggunakan disinfektan ini dengan cara membuatnya sendiri dengan beberapa macam bahan dasarnya.

Tunggu Sampai Kering

Menggunakan desinfektan untuk membersihkan barang, baik itu dengan cara menyemprot dan mengelap, sebaiknya tunggu sampai kering terlebih dahulu sebelum kita gunakan kembali. Hal ini agar cairan kimia itu bisa bekerja secara efektif.

Manfaat disinfektan secara umum

Namun jika anda tak ingin repot, anda bisa membeli SMART DISINFECTANT buatan Mandala Yantra yang terjamin kualitasnya. Anda bisa menggunakan manfaat disinfektan ini untuk menjaga kebersihan rumah, ruangan perkantoran, maupun ruang usaha Anda. Terlebih untuk pembelian Smart Disinfectant dalam jumlah besar harganya bisa jauh lebih murah. Silahkan kontak HP pada website ini untuk informasi lebih detailnya.

Reply