Lukisan Smaradahana karya Hangno Hartono

Lukisan Smaradahana karya Hangno HartonoApi Asmara,merupakan penurunan imajinasi dari naskah Smaradahana karya empu Dharmaja.setting cerita utama berkisah tentang Siwa sedang bersemadi dengan konsentrasi penuh sehingga istrinya Umapun tidak mampu membangunkan,ketika Bathara Indra hendak meminta bantuan karena swargaloka diserang Raksasa Nilarudraka.dan akhirnya yang mampu membangunkan adalah dewa Kama dengan memanah dengan berbagai macam bunga.

Cat acrylic uk 140 x 90 cm

Siwa menjadi marah dan membunuh dewa Kama,Ratih istrinya Kama ikut mati juga dan minta bantuan Bathara Indra untuk memghidupkan,akhirnya Kama dan Ratih dihidupkan kembali tetapi tanpa wujud,sebagai dewa Asmara,dewa tentang sesuatu yang indah dan elok,dari sinilah bahwa cinta itu bukaan wujud kebendaan tetapi rasa.

Narasi ekologinya Siwa adalah representasi dari Hidup dan Kehidupan, kehidupan harus tetap berjalan,untuk jalannya kehidupan itu harus dibangun dengan cinta dan akhirnya Siwa pun menyumbui Uma istrinya sebagai bentuk kehidupan. Cinta adalah kehidupan dan kehidupan dibangun atas smara,asmara,cinta,kasih,sih.Smaradahana.

Reply