FGBN Yogyakarta Adakan Saresehan Sesaji

Forum Gerakan Budaya Nusantara  (FGBN)  Yogyakarta menggelar acara Saresehan Sesaji di Pendopo Pasar Seni Gabusan, Bantul, Yogyakarta. Acara yang berlangsung Jumat (11/3) itu dikemas dalam bentuk saresehan sebagai media edukasi-literasi.

FGBN Yogyakarta merupakan sebuah jaringan komunikasi olah spiritual Jawa dan budaya Jawa. Acara juga didukung 25 komunitas Budaya Jawa, khususnya di Yogyakarta dan beberapa komunitas luar Yogyakarta.

Menurut panitia, awalnya gagasan kegiatan ini memang sebagai respon kasus sesaji Gunung Semeru yang sempat viral. Tetapi FGBN sepakat meresponnya secara literasi yang lebih mengedepankan pengetahuan. Tampil sebagai nara sumber adalah KRT Manu J Widyaseputra.

Selama ini Sesaji lebih sering dipahami secara negatif, tidak rasional, dan hanya sebagai sarana klenik atau memberi makan, memuja, menyembah entitas lain.

Saresehan ini membahas Sesaji dalam ranah Kosmologi dan bagaimana memahami orang Jawa menerjemahkan dunianya. Sesaji, wayang, dan sastra adalah 3 elemen penting dalam memahami filsafat Jawa.

Kegiatan yang dimeriahkan oleh penampilan musik KPJ itu juga menampilkan Teater mahasiswa UTY. Acara tersebut juga disiarkan via streming Facebook.

Reply