Festival Ahli Gambar Para Sungging

Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnama membuka secara resmi penyelenggaraan Pameran dan Festival Ahli Gambar (FAG) di Galeri RJ Katamsi, Kampus ISI, Bantul, kemarin (24/11).

Penyelenggaraan Festival Ahli Gambar (FAG) yang diinisiasi oleh galeri RJ Katamsi ISI ini telah memasuki tahun kedua. “Festival ini memang merupakan agenda rutin galeri RJ Katamsi ISI,” kata Nano Warsono, Direktur Galeri RJ Katamsi ISI.

Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnama saat membuka pamern

Menurut dia, pameran ini memang didedikasikan untuk penghormatan terhadap para seniman yang menggunakan tehnik seni pewayangan dalam karya seninya.

Sementara itu Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnama menyambut baik even yang mengangkat dunia wayang ini. Apalagi mengingat di wilayah Bantul banyak pengrajin wayang yang terdapat di sentra kerajinan wayang Pucong dan Gendeng.

pameran para sungging
Wakil Bupati Bantul berkesempatan berkeliling melihat suasana pameran

“Hanya dengan pendidikan kebudayaan yang akan mampu menyatukan elemen kebangsaan. Dan wayang merupakan salah satu elemen yang penting untuk selalu kita angkat,” katanya.

Karena itu pula Wakil Bupati Bantul ini menilai pentingnya edukasi wayang  yang digiatkan pengenalan tentang wayang sejak masa pendidikan di PAUD.

para sungging wayang
Suasana pameran para sungging.

Pada pameran yang mengambil tema ‘Para Sungging’ ini juga melibatkan para budayawan dan seniman, termasuk para pembuat wayang.

Setelah membuka pameran, Wakil Bupati Bantul berkesempatan berkeliling dan melihat  berbagai bentuk wayang yang ada. Seperti wayang kotak karya Hangno Hartono, Wayang Purba karya Nanang Garuda, hingga Wayang Sontoloyo karya Ardian Kresna.

Reply